Stoke City takluk di Tangan Liverpool

150720-052-Liverpool_Preseason_Day_8_Adelaide

Liverpool pulang dengan hasil yang positif saat bertandang ke Markas Stoke City pada leg pertama Semifinal Piala Liga Inggris. Liverpool menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Jordan Ibe. Dalam laga yang berlangsung di Britannia Stadium, Rabu (6/1/2016) dinihari WIB, ESPN mencatat bahwa Liverpool tak tampil lebih dominan. Liverpool cuma menguasai 36%.

Dalam jumlah penguasaan bola tersebut, anak asuh Juergen Klopp melepaskan 16 tembakan dengan empat yang mengarah ke gawang. Sementara Stoke City mempunyai 15 upaya dimana dua tepat sasaran.

Liverpool mendapatkan pertanda bahwa laga akan berjalan sulit ketika sudah harus mengganti Philippe Coutinho di menit ke-18 karena cedera. Petaka lainnya datang di menit ke-34 saat Dejan Lovren cedera dan harus ditarik keluar.

Cederanya Lovren bahkan membuat Liverpool kehabisan pilihan di posisi bek tengah. Klopp pun memasangkan Lucas Leiva dengan Kolo Toure, satu-satunya bek murni saat ini, untuk mengawal lini belakang.

Liverpool langsung menekan pada menit pertama lewat tendangan Roberto Firmino dari luar kotak penalti. Tapi masih bisa diamankan kiper Stoke Jack Butland. Giliran Adam Lallana yang memberikan ancaman di menit ke-8. Lagi-lagi masih mudah dihentikan kiper.

Baru 18 menit berjalan, Liverpool sudah dipaksa melakukan pergantian. Philippe Coutinho yang cedera ditarik keluar untuk digantikan Jordon Ibe. Sebuah percobaan dari Jordon Ibe di menit ke-28 menyambut umpan Lallana belum membuahkan hasil. Upayanya bisa dinetralkan Butland.

Pergantian pemain harus kembali dilakukan Liverpool di menit ke-34. Dejan Lovren mengalami masalah pada pahanya dan harus digantikan oleh James Milner.

Tiga menit berselang, Liverpool mencetak gol. Gol ini tercipta berawaal dari Lallana menusuk di sisi kanan lalu mengoper ke Joe Allen di tengah. Allen yang mencoba menyambut bola dengan tendangan gagal melakukan tendangan dengan sempurna, justru membelokkannya ke arah Ibe di tiang jauh. Ibe lantas melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kanan bawah gawang yang tak mampu dihentikan Butland.

Semenit kemudian Stoke mempunyai peluang bagus. Peluang tercipta berawal dari Umpan silang Glen Johnson menemui kepala Marko Arnautovic yang berdiri cukup bebas. Tapi Arnautovic tak mampu menyundul dengan sempurna, sehingga bola cuma melebar ke kiri gawang.

Pada masa injury time, Stoke kembali menebar bahaya. Peluang tercipta berawal dari sepak pojok, bola coba disapu oleh Lucas Leiva menjauh dari gawang. Namun di depan kotak penalti Glen Johnson sudah menanti datangnya bola dan menyambut dengan sepakan keras.

Beruntung bagi Liverpool Simon Mignolet sigap membaca tendangan dan menghalaunya. Babak pertama berakhir tak lama kemudian. Menit pertama babak kedua, Emre Can mencoba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Melenceng ke kanan gawang.

Stoke City sendiri mencoba tampil lebih agresif di awal babak kedua ini. Namun belum berhasil mencatatkan peluang berarti. Sementara Liverpool punya kesempatan lewat Firmino, yang menerima umpan Lallana di dalam kotak penalti. Hanya saja sepakannya masih terlalu tinggi.

Roberto Firmino kembali melakukan percobaan di menit ke-63. Kali ini tendangan kaki kirinya meleset ke kanan gawang. Berjarak lima menit, gantian Ibe yang melancarkan tendangan. Sama-sama belum berhasil membuahkan gol kedua Liverpool karena melenceng ke kiri.

Stoke City mulai mencoba lebih banyak menekan lewat bola udara mengingat Liverpool hanya bermain dengan satu bek tengah murni, menyusul cederanya Lovren. Di lini belakang, Liverpool menduetkan Kolo Toure dan Lucas sejak Lovren keluar di menit ke-34.

Stoke City mempunyai peluang dari skema umpan silang di menit ke-69. Hanya saja sundulan Ryan Shawcross masih melambung.

Rencana tuan rumah untuk mengeksploitasi lewat bola udara kian tampak ketika Peter Crouch dimasukkan untuk menggantikan Xherdan Shaqiri. Namun barisan pertahanan Liverpool tampil relatif disiplin untuk mencegah bola-bola atas sampai ke kotak penalti mereka.

Stoke City sempat mempunyai peluang di menit-menit akhir. Peluang tercipta bermula dari Sundulan Jonathan Walters masih melebar ke kiri. Walters kembali mengancam jelang laga berakhir, saat mendapatkan bola di belakang garis pertahanan Liverpool dan berhadapan dengan kiper. Namun tembakannya tak berakhir sempurna, melebar ke kanan.

Peluit tanda laga usai ditiupkan tak lama berselang. Liverpool pun membawa pulang bekal kemenangan 1-0 untuk menatap leg kedua di Anfield pada pekan depan.

Susunan pemain:

Stoke City:
Butland; Johnson, Shawcross, Wollscheid, Pieters; Cameron (Walters 46′), Whelan; Shaqiri (Crouch 83′), Afellay, Arnautovic; Bojan (Joselu 69′).

Liverpool:
Mignolet; Clyne, Lovren (Milner 34), Toure, Moreno; Can, Lucas, Allen (Benteke 79′); Lallana, Firmino, Coutinho (Ibe 18′).

Be the first to comment on "Stoke City takluk di Tangan Liverpool"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*