Mezut Oezil menjadi Kreator kemenangan atas Bournemouth

Mesut Ozil

Arsenal memetik kemenangan 2-0 saat menjamu Bournemouth pada lanjutan Liga Inggris. Kemenangan atas Bournemouth tak sekadar kembali ke Jalur positif. Kemenangan ini juga mengantarkan The Gunners ke Puncak Klasemen Sementara. Menjamu Bournemout di Stadion Emirates, Arsenal mencoba memulai dengan menguasai permainan. Tetapi Pressing agresif Bournemouth membuat mereka kesulitan

Memulai dengan menguasai permainan, Arsenal justru lebih dahulu mendapatkan tekanan. Tekanan berawal dari Joshua King mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti usai menerima umpan dari Harry Arter, hanya saja upayanya masih terlampau lemah sehingga mudah diamankan oleh Petr Cech.

Bournemouth terus berupaya menyulitkan Arsenal lewat pressing yang sangat ketat. Pada menit ke-14, mereka bahkan membuat ancaman lain lewat tusukan Charlie Daniels di sisi kiri. Daniels melepaskan umpan silang untuk King di depan gawang, tapi ruang tembaknya tertutup oleh sejumlah pemain belakang Arsenal yang lantas menyapu bola.

Dua menit kemudian, Marc Pugh mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti. Bola kemudian ditanduk oleh Matt Ritchie ke arah Harry Arter. Harry Arter menyambut bola dengan tendangan voli, tapi belum menemui sasaran karena diblok.

Arsenal mempunyai sebuah kesempatan bagus pada menit ke-24. Peluang itu tercipta berawal dari sisi kanan, Mesut Oezil mengarahkan umpan lambung ke Theo Walcott di dalam kotak penalti. Walcott terlepas dari pengawalan dan mencoba menyambut umpan tersebut, tapi gagal melakukan kontak sempurna sehingga bola diamankan Artur Boruc.

Tiga menit kemudian, Arsenal memetik keunggulan. Gol terciptaa berawal dari umpan sepak pojok Oezil disambut sundulan Gabriel Paulista yang lolos dari penjagaan, ke pojok kanan atas gawang.

Mezut Oezil kembali mengkreasi peluang untuk Arsenal di menit ke-34. Peluang itu berawal dari umpan terobosannya yang diterima oleh Theo Walcott di sisi kanan di dalam kotak penalti, tapi tendangannya terhalang sehingga hanya menjadi sepak pojok. Dari sepak pojok, Mezut Oezil yang menjadi eksekutor kembali memicu rangkaian peluang. Umpannya disambut oleh sundulan Gabriel, tapi kali ini hanya menghantam tiang gawang sebelah kiri. Bola pantulan mengarah ke Per Mertesacker dan kemudian membentur kepalanya. Nyaris saja berbuah gol, cuma melenceng sedikit ke kiri gawang.

Tekanan belum mereda untuk Bournemouth. Mezut Oezil kembali memainkan umpan terobosan untuk Theo Walcott, kali ini di sisi kiri. Theo Walcott mengakhirinya dengan tendangan langsung ke gawang dan ditepis oleh Boruc. Skor 1-0 tak berubah sampai jeda pertandingan.

Setelah sejumlah upaya menusuk kotak penalti Bournemouth gagal di awal babak kedua, Arsenal menggandakan gol di menit ke-63. Oezil menusuk di tengah, lalu melakukan kerja sama satu-dua dengan Giroud. Bola diterima Oezil di sisi kanan di dalam kotak penalti. Dia lantas menaklukkan Boruc dengan dingin lewat tendangan mendatar.

Empat menit kemudian Arsenal mempunyai peluang lain. Peluang itu tercipta berawal dari menerima sodoran dari Hector Bellerin di sisi kanan, Walcott menusuk lantas melepaskan sepakan mendatar. Bola cuma bergulir tipis ke kiri gawang.

Bournemouth merespons pada menit ke-73 melalui tendangan jarak jauh Ritchie. Tendangannya mengarah tepat ke Petr Cech dan mudah saja ditahan.

Arsenal mempunyai peluang lewat serangan balik di menit ke-79. Peluang tercipta berawal dari Mezut Oezil menggiring bola di sisi kiri dan mengoper ke Giroud di tengah. Hanya saja tendangan Olivier Giroud melenceng ke kanan gawang.

Unggul dua gol tampaknya membuat Arsenal bermain lebih santai. Bournemouth mulai lebih kerap menguasai bola dan melakukan tusukan. Di menit ke-81, Eunan O’Kane mencoba mengarahkan sepakan melengkung ke pojok kanan gawang Arsenal tapi masih terlalu tinggi.

Dua menit kemudian, Arsenal nyaris mencetak gol ketiga. Alex Oxlade-Chamberlain melepaskan sepakan yang sempat berbelok arah karena membentur Steve Cook. Bola lantas menghantan tiang gawang sebelah kiri.

Pada masa injury time, Arsenal sempat mendapatkan peluang lewat kaki Theo Walcott yang melepaskan tendangan dari sudut sempit. Tapi percobaannya bisa dinetralkan oleh Boruc. Laga berakhir tak lama kemudian.

Tiga poin ini menebus kekalahan telak 0-4 Arsenal dari Southampton pada laga Boxing Day akhir pekan kemarin. Tambahan tiga poin membawa anak-anak London utara naik ke puncak klasemen dengan nilai 39 dari 19 pekan.

Posisi mereka masih bisa turun lagi andai saja Leicester City meraih angka penuh atas Manchester City. Sementara itu, Bournemouth tertahan di tangga 15 dengan 20 poin.

Susunan pemain:

Arsenal:
Cech, Bellerin, Gabriel, Mertesacker, Gibbs (Monreal 82′), Chambers, Ramsey, Oxlade-Chamberlain (Iwobi 90′), Oezil, Walcott, Giroud (Campbell 80′)

Bournemouth:
Boruc, Daniels, Cook, Francis, Smith, Gosling (O’Kane 61′), Arter, Surman, Ritchie, Pugh (Stanislas 46′), King (Murray 80′)

Be the first to comment on "Mezut Oezil menjadi Kreator kemenangan atas Bournemouth"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*